Guru Tolak Hasil UKG Dipublikasikan


Seputar Infomasi Pendidikan--
Kalangan guru di Kabupaten Banyumas secara tegas menolak terkait rencana pemerintah (Kemendikbud) yang akan mempublikasikan hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) yang sedang digelar saat ini.

Ketua PGRI Kabupaten Banyumas, Takdir Widagdo,mengungkapkan hasil uji kompetensi merupakan hak para guru, sehingga tidak perlu menjadi konsumsi publik. Apalagi ini menyangkut kepercayaan terhadap para guru.

”Bagaimana kalau hasil uji kompetensinya rendah, tentu hal ini akan menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap guru. Maka dari itu, kami menolak kalau hasil UKG dipublikasikan,” kata dia.

Diakui, berdasarkan hasil uji kompetensi yang digelar tahun lalu, hasilnya memang belum memuaskan. Apalagi dalam uji kompetensi tahun ini, pemerintah menaikkan target nilai minimal yang harus diraih para guru.

”Tahun ini pemerintah menaikkan standar nilai minimal yang harus dicapai guru dari sebelumnya 4,7 menjadi 5,5. Tentu hal tersebut menjadi tantangan bagi guru,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, hasil uji kompetensi guru sebaiknya cukup menjadi dokumen pemerintah, sebagai dasar dalam melakukan pemetaan terhadap kualitas pendidikan di tiap-tiap daerah.

Menurutnya, hasil uji kompetensi guru tidak serta merta mewakili kemampuan guru yang sebenarnya. Artinya bila hasil UKG guru rendah, maka hal itu tidak bisa dianggap kualitas guru tersebut juga rendah.

”Apalagi selama ini belum diketahui secara persis terkait bobot soal yang diujikan dalam pelaksanaan UKG tersebut,” ujarnya.

Kepala Seksi PPTK Dikas Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Susmoro, mengatakan setiap tahun pemerintah akan terus meningkatkan standar nilai minimal UKG yang harus dicapai guru. Maka dari itu, guru harus terus meningkatkan kualitas.

Menurutnya, peningkatan standar nilai minimal dipastikan akan terus terjadi setiap tahunnya hingga 2019. Di mana pada tahun 2016 standar minimalnya 6,5, tahun 2017 menjadi 7,0, tahun 2018 menjadi 7,5 dan 2019 standar nilai minimal UKG menjadi 8,0.

Sekian informasi mengenai guru dengan Ujian Kompetensi Guru yang menolak di Pulkikasikan

Sumber : suaramerdeka.com.
Download file kebutuhan administrasi yang terdapat di www.dapodik13.blogspot.com. ini di tujukan untuk siapa saja yang berada di lingkungan pendidikan seperti Sd, SMP, SMA, Dan SMK sederajat. Adapun file yang kami bagikan atau mengupload ke google drive ini'berupa file aplikasi excel, file dokumen berbentuk microsoft office. Guna mempermudah mancarian anda, maka kami sediakan file atau aplikasi sebagai bahan referensi sekolah penunjang program guru kelas dan guru wali kelas.

Dan kami ucapkan terimakasih sudah berkunjung di website www.dapodik13.blogspot.com, dan semoga bermanfaat apa yang sudah kami bagikan hari ini.
Adapun file atau dokumen yang kami share diatas semoga saja bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan dan kebutuhan administrasi di sekolah, selain itu juga bisa digunakan sebagai bahan perbandingan atau suatu referensi sesuai dengan keperluan di sekolah kita. Lihat juga file-file yang masih perupakan perangkat administrasi guru dan sekolah yang bisa di download dibawah ini

Administrasi Apliaksi Sekolah

dapodik13

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Guru Tolak Hasil UKG Dipublikasikan"

Post a Comment