Kemdikbud Harus Punya Pola Pelatihan dan Pendamping Guru

Selamat datang dan terimakasih kepada pengunjung blog info pendidikan dan guru. Uji kompetensi akan selesai dan cerita tentang guru tak ada habisnya, berbagai cara kebijakan telah di keluarkan oleh pemerintah untuk meningkatkan kulitas guru indonesia. akan tetapi menjadi boomerang bagi pemerintah dengan berbagai kebijakan yang di keluarkan, hampir tiap daerah menolak hasil UKG di publikasikan, dan belum selesai sampai di situ, timbul lagi setelah ukg akan ada PKG.

Pemerintah memiliki tanggungjawab untuk meningkatkan kualitas serta kompetensi para guru, salah satunya dengan memberikan pelatihan dan pembinaan. Untuk itu, diperlukan pola pelatihan serta pendampingan yang baik. 

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) seharusnya punya pelatihan dan pembinaan yang mustajab. Misalnya, dalam waktu satu tahun bisa mengubah paradigma dan mindset guru secara revolusioner. Kalau tidak punya, untuk apa melakukan ujian (UKG) kepada guru setiap tahunnya,” ujar Kepala Divisi Penelitian dan Pengembangan PB PGRI, Mohammad Abduhzen, di Jakarta.

Bahkan dirinya berpendapat bahwa Kemdikbud tidak memiliki pola pelatihan dan pembinaan yang terstruktur untuk dapat meningkatkan kompetensi para guru dan tenaga pendidik. “Saya tidak yakin kemdikbud punya sistem pelatihan yang bisa mengubah mindset. Dan ini yang menjadi persoalan,” tegasnya.

Oleh karena itu, sambung dia, uji kompetensi guru (UKG) yang saat ini tengah digelar oleh Kemdikbud dengan tujuan untuk melakukan pemetaan akan menjadi sia-sia. Karena tidak didukung dengan sistem pelatihan berkelanjutan yang baik.

“Dari UKG itu yang dipetakan hanya pengetahuan soal pedagogik dan penguasaan bahan ajar saja, bukan potret soal kualitas dan persoalan. Oleh karena itu, jika petanya tidak utuh, maka solusinya juga tidak akan utuh,” tandas Abduhzen.

Lebih lanjut dirinya juga mengkritik terkait kebijakan pendidikan saat ini. Dimana semua kebijakannya justru tidak menyentuh akar permasalahan. “Kebijakan saat ini hanya seperti gelembung besar yang tidak ada substansinya. Seharusnya kebijakan itu menyelesaikan apa yang menjadi persoalan mendasar.
Sekian dan Terimakasih terkait informasi mengenai Kemdikbud harus punya pola pelatihan dan pendamping guru..
Sumber : Suaramerdeka.com
Kemdikbud Harus Punya Pola Pelatihan dan Pendamping Guru merupakan dokumen sekolah PAUD, RA, TK dan KOBER dan Sekolah SD, SMP, SMA dan SMK Sederajat yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan dan kebutuhan administrasi di sekolah, selain itu juga bisa digunakan sebagai bahan perbandingan atau suatu referensi sesuai dengan keperluan di sekolah kita. Lihat juga file-file yang masih perupakan perangkat administrasi guru dan sekolah yang bisa di download dibawah ini:

Administrasi Apliaksi Sekolah

dapodik13

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Kemdikbud Harus Punya Pola Pelatihan dan Pendamping Guru"

Post a Comment

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();