Pendaftaran Ujian Nasional Tahun 2016 Melalui Dapodik

Pendaftaran Ujian Nasional Tahun 2016 Melalui Dapodik

ma
Manual Aplikasi Pendaftaran Calon Peserta 

Selamat Datang Salam Hangat Dari Admin.
Alhmdullilah kesempatan ini admin ingin memberikan Sebuah informasi mengenai keikutsertaan untuk siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional. Pendaftaran calon peserta ujian nasional tahun 2016 akan menggunakan aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Demikian ketentuan yang termuat dalam Petunjuk Teknis Pendataan Peserta Ujian Nasional Tahun 2016.

Menu Data Peserta Didik yang terdapat dalam aplikasi Dapodik, akan menjadi rujukan dalam penyaringan calon peserta ujian nasional. Ketentuan ini berlaku bagi satuan pendidikan (baca: sekolah) mulai SMP, SMA, dan SMK.

Berangkat dari ketentuan tersebut, tiap satuan pendidikan diharapkan segera memeriksa kelengkapan dan kemutaakhiran data peserta didik. Di antara item data yang perlu diperiksa adalah identitas pribadi peserta didik, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan data orang tua peserta didik.
Verifikasi dan validasi data NISN bisa dilakukan melalui laman vervalpd.data.kemdikbud.go.id.

Sementara itu, tahap verifikasi data peserta didik sebagai calon peserta ujian nasional dapat dilakukan di laman Manajemen UN dengan alamat sebagai berikut:
1)    Satuan Pendidikan Dasar (SD dan SMP): http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/
2)    Satuan Pendidikan Menengah (SMA dan SMK): http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/

Tahap selanjutnya, tiap satuan pendidikan menyerahkan hasil verifikasi file data calon peserta ujian nasional tingkat akhir, kepada panitia ujian nasional yang berada di dinas pendidikan kabupaten/kota. Sementara panitia ujian nasional kabupaten/kota akan memproses file tersebut (mengirim) kepada panitia ujian nasional pusat melalui aplikasi BIO-UN untuk menjadi data peserta ujian nasional.
Alur Data Pendaftaran Ujian Nasional Tahun 2016


Untuk lebih jelas, Manual Aplikasi Pendaftaran Calon Peserta Ujian Nasional Tahun 2016 Berbasis Dapodik bisa diunduh di sini. Adapun Petunjuk Teknis Pendataan Peserta Ujian Nasional 2016 dapat diunduh di sini.
Tanggal 31 Desember2015, merupakan batas akhir pengisian Dapodik untuk pendaftaran calon peserta UN.

Jadwal
Jadwal
Sementara itu, untuk satuan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK/SLB) dan  satuan pendidikan di bawah Kemenag tidak menggunakan prosedur di atas. Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) telah membuat prosedur tersendiri.

 Demikian Informasi terkait Pendaftara Ujian Nasional Melalui Aplikasi Dapodik Tahun 2016
Silahkan Di Share dan Likenya...
Sumber : http://dikdas.kemdikbud.go.id
Download file kebutuhan administrasi yang terdapat di www.dapodik13.blogspot.com. ini di tujukan untuk siapa saja yang berada di lingkungan pendidikan seperti Sd, SMP, SMA, Dan SMK sederajat. Adapun file yang kami bagikan atau mengupload ke google drive ini'berupa file aplikasi excel, file dokumen berbentuk microsoft office. Guna mempermudah mancarian anda, maka kami sediakan file atau aplikasi sebagai bahan referensi sekolah penunjang program guru kelas dan guru wali kelas.

Dan kami ucapkan terimakasih sudah berkunjung di website www.dapodik13.blogspot.com, dan semoga bermanfaat apa yang sudah kami bagikan hari ini.
Adapun file atau dokumen yang kami share diatas semoga saja bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan dan kebutuhan administrasi di sekolah, selain itu juga bisa digunakan sebagai bahan perbandingan atau suatu referensi sesuai dengan keperluan di sekolah kita. Lihat juga file-file yang masih perupakan perangkat administrasi guru dan sekolah yang bisa di download dibawah ini

Administrasi Apliaksi Sekolah

dapodik13

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Pendaftaran Ujian Nasional Tahun 2016 Melalui Dapodik "

Post a Comment