Tips Buat Pemda yang Kekurangan Guru

Kabar pendidikan belum habis cerita pengupas dunia pendidikan, salah satu adalah mengenai keurangan guru tiap daerah. Memang keurangan guru adalah pekerjaan pemerintah / kota setempat dalam merangkul dan meniptakan guru yang berkualitas. 

Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Kemendikbud Anas M Adamsatu mengakui sejumlah daerah kesulitan mengatasi masih kurangnya tenaga guru. Namun Anas memberikan alternatif yang bisa ditempuh pemerintah daerah.

Salah satunya adalah dengan menerapkan metode multi grade teaching. Dalam metode ini, guru tidak hanya mengajar satu mata pelajaran, tetapi minimal bisa mengajar dua mata pelajaran.

"Dalam metode multi grade teaching, guru yang memiliki kelebihan jam mengajar karena mengajar lebih dari satu mata pelajaran, harus mendapatkan tunjangan tambahan dari pemerintah daerah. Namun hal itu tidak berlaku jika metode multi grade teachingditerapkan untuk memenuhi kewajiban mengajar 24 jam," beber Anas di Jakarta, Jumat (20/11).‎

Konsekuensi dari metode multi grade teaching ini, lanjutnya, Pemda harus memberikan tunjangan kelebihan jam mengajar. Jangan sampai guru mengajar dua mata pelajaran tapi tunjangannya satu.

Anas mengakui, kondisi kekurangan guru masih ditemui beberapa daerah di Indonesia. Kekurangan tersebut ada di beberapa mata pelajaran tertentu, seperti geografi dan sosiologi. Selain itu, jumlah guru untuk SMK juga masih kurang. Khusus untuk kekurangan guru di SMK itu, Anas mengatakan hal itu diatasi dengan mendatangkan guru praktisi dan bantuan guru honorer.

“Guru produktif untuk SMK di beberapa provinsi belum cukup. Yang ngajar (SMK) guru-guru honorer dan profesional, misalnya di SMK Kelautan,” tutur Anas.

Ia menuturkan, jumlah guru untuk anak berkebutuhan khusus dan sekolah luar biasa (SLB) juga masih kurang. Salah satu solusi yang ditempuh adalah melakukan kerja sama dengan lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK). “Khususnya untuk provinsi yang memiliki LPTK yang ada jurusan Pendidikan Luar Biasa,” 

Sekian Dan semoga bermanfaat...salam pendidikan Indonesia..like dan sharenya untuk guru indonesia...
sumber:jpnn
Download file kebutuhan administrasi yang terdapat di www.dapodik13.blogspot.com. ini di tujukan untuk siapa saja yang berada di lingkungan pendidikan seperti Sd, SMP, SMA, Dan SMK sederajat. Adapun file yang kami bagikan atau mengupload ke google drive ini'berupa file aplikasi excel, file dokumen berbentuk microsoft office. Guna mempermudah mancarian anda, maka kami sediakan file atau aplikasi sebagai bahan referensi sekolah penunjang program guru kelas dan guru wali kelas.

Dan kami ucapkan terimakasih sudah berkunjung di website www.dapodik13.blogspot.com, dan semoga bermanfaat apa yang sudah kami bagikan hari ini.
Adapun file atau dokumen yang kami share diatas semoga saja bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan dan kebutuhan administrasi di sekolah, selain itu juga bisa digunakan sebagai bahan perbandingan atau suatu referensi sesuai dengan keperluan di sekolah kita. Lihat juga file-file yang masih perupakan perangkat administrasi guru dan sekolah yang bisa di download dibawah ini

Administrasi Apliaksi Sekolah

dapodik13

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tips Buat Pemda yang Kekurangan Guru"

Post a Comment