Cara Baru Pengajuan Program Indonesia Pintar (PIP) Melalui Aplikasi Dapodik 2016

Cara Baru Pengajuan PIP Melalui Aplikasi Dapodik 2016 | Selamat datang untuk operator sejati di satuan pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK yang mudah-mudahan tetap menjalankan aktifitas seperti biasa dan tetap semangat. Untuk kesempatan ini kami ingin berbagi informasi sedikit perihal progam pemerintah yang dari tahun 2014 sampai tahun 2016 ini, yaitu melalui Program Indonesia Pintar (PIP). 

Cara Baru Pengajuan Program Indonesia Pintar (PIP) Melalui Aplikasi Dapodik 2016

Program Indonesia Pintar (PIP) ini merupakan untuk bantuan peserta didik yang di canagkan sejak tahun 2014/2015 dimana PIP ini pada tahun sebelumnya bantuan untuk siswa-siswi ini tidak memiliki ketentuan khusus untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui program indonesia pintar. Sehingga pada tahun lalu semua peserta didik mendapatkan bantuan PIP dengan cara mendaftarkan oleh operator masing-masing.

Memasuki ajaran tahun2016/2017 ketentuan dan kelayakan program indonesia pintar ini merubah cara mendapatkan dan cara mendaftarkannya yaitu melalui aplikasi dapodik 2016, dari sinilah ketentuan dan kelayakan peserta didik dapat di ikut sertakan untuk mendapatkan bantuan pemerintah dari Program Indonesia Pintar ini, sehingga operator sekolah harus mengedit data ulang seseuai dengan jumlah total siswa pada aplikasi dapodik 2016.

Karena pengajuan PIP ini tidak secara otomatis seperti pada tahun lalu melalui situs resminya PIP, Namun untuk tahun 2016 ini peserta didik kelas 1 sampai kelas 6 harus di ajukan melaui aplikasi dapodik 2016 dengan cara mengubah tiap nama peserta didik pada bagian program dari pemerintah.

Berikut ini, kami tutorialkan sedikit untuk cara mengedit kelayakan peserta didik untuk mendapatkan bantuan dari Program PIP tahun 2016, sebagai berikut:
  1. Bukalah aplikasi dapodik 2016 berdasarkan dapodik terbaru
  2. Klik pada sidebar dapodik memilih peserta didik
  3. Klik Nama peserta didk, lalu klik pada sidebar vertikal pada menu "Ubah"
  4. Carilah pada ubah peserta didik "Program Indonesia Pintar" dengan menarik sclor kebawah
Untuk lebih jelasnya silahkan simpak pada gambar dibawah ini.

 Halaman dapodik bagian peserta didik
Cara Baru Pengajuan Program Indonesia Pintar (PIP) Melalui Aplikasi Dapodik 2016

Tab ubah peserta didik.1
Cara Baru Pengajuan Program Indonesia Pintar (PIP) Melalui Aplikasi Dapodik 2016

Tab Ubah Peserta Didik.2
Cara Baru Pengajuan Program Indonesia Pintar (PIP) Melalui Aplikasi Dapodik 2016

Penjelasan:
Dari bagian sidebar peserta didik di dapodik merupakan jumlah total secara keseluruhan di setiap intansi pendidikan yang sudah memakai aplikasi dapodik. jadi di sini kami ambil satu contoh untuk mengajukan peserta didik ke dalam program indonesia pintar.

Dari gambar satu, kami melingkari nama peserta didik dengan warna hitam, dengan mengklik tab "UBAH", maka akan di tampilakan seperti gambar nomor 2 (tab ubah peserta didik.1). Dari tab itu di tampilkan ke tiga pilihan yang merupakan program pemerintah, dimana pengajuannya ini berdasarkan tingkat sekolah masing-masing, dan kami memilih kolom pengajuan PIP untuk satua sekolah Dasar.

Untuk pilihan kedua dan ketiga itu merupakan pilihan pengajuan untuk jenjang sekolah SMA,SMK dan untuk SMP bisa memilih antara Program PIP dan Program KIS/KIP sesuai dengan ketentuan telah mendapatkan kartu KIP/KIS melalui kantor pos atau layanan dari pihak diknas kecamatan setempat.

Sedangkan untuk gambar yang terakhir dari "Tab Ubah peserta didik.2" pada bagian tab ini kita mengisi kelayakan peserta didik di ajukannya untuk mendapatkan bantuan PIP, dari menu yang di sediakan oleh pemerintah mungkin kebanyakan tidak sesuai dengan isi data yang kita inginkan, jadi untuk kolom layak ini bila tidak ada pilihan di kosongkan saja, atau di ketik manual contoh "sebagai seorang Pelajar".

Nah itulh informasi singkat tentang Cara Baru Pengajuan Program Indonesia Pintar (PIP) Melalui Aplikasi Dapodik 2016 semoga bermafaat untuk kita semua dan mendapatkan kelancaran dalam beraktifitasnya. Amin
Cara Baru Pengajuan Program Indonesia Pintar (PIP) Melalui Aplikasi Dapodik 2016 merupakan dokumen sekolah PAUD, RA, TK dan KOBER dan Sekolah SD, SMP, SMA dan SMK Sederajat yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan dan kebutuhan administrasi di sekolah, selain itu juga bisa digunakan sebagai bahan perbandingan atau suatu referensi sesuai dengan keperluan di sekolah kita. Lihat juga file-file yang masih perupakan perangkat administrasi guru dan sekolah yang bisa di download dibawah ini:

Administrasi Apliaksi Sekolah

dapodik13

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Cara Baru Pengajuan Program Indonesia Pintar (PIP) Melalui Aplikasi Dapodik 2016"

Post a Comment

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();